• Peradaban Amerika

  • Permulaan Islam

  • Peradaban Eropa

  • Peradaban Asia

  • Peradaban Afrika

  • Promo Pendaftaran Mahasiswa baru

Friday 30 September 2016

DEFINISI SEJARAH



Salam kenal kepada Sobat semua yang mengunjungi blog kami ini. Pada artikel kali ini kami akan menyampaikan topik tentang sejarah dan pernak-pernik di dalamnya. Langsung saja kita jabarkan tema kali ini yaitu definisi sejarah.

Definisi sejarah secara etimologi (adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal usul suatu kata), kata sejarah itu sendiri berasal dari bahasa Arab syajarah yaitu dari kata syajaratun yang artinya pohon. Di dalam kata sejarah sendiri tersimpan makna pertumbuhan atau silsilah. Pada masa sekarang ini, untuk kepentingan tertentu kita memerlukan keterangan riwayat hidup. Kata riwayat kurang lebih berarti laporan atau cerita tentang kejadian. Sedangkan kata hikayat (yang dekat dengan kata sejarah), artinya cerita tentang kehidupan, yaitu yang menjadikan manusia sebagai objeknya, disebut juga biografi (bios itu artinya hidup, graven artinya menulis). Jadi, cerita yang berkisar mengenai kehidupan penulis yang ditulis oleh diri sendiri atau pelakunya sendiri disebut autobiografi.

Sedangkan definisi sejarah berdasarkan dari sumber Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah :
1. Asal usul (keturunan) silsilah;
2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo; cerita;
3. Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau.



Para ahli juga banyak mengungkapkan pendapatnya tentang definisi sejarah sebagai berikut :
    1. Ibnu Khaldun
Menurut Ibnu Khaldun seorang ahli sejarah beragama Islam, Definisi sejarah adalah catatan tentang masyarakat, umat manusia atau peradaban dunia, dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu. Pendapat tersebut beliau kemukakan dalam sebuah Buku yang berjudul "Kitaab al-'Ibar Wa Biiwan; al-Mubtada' Wa al-Khabar fii Ayyaam al'Arab Wa al'Ajam Wa al-Barbar" atau sering disebut "Kitab Al Ibar" {Sejarah Ilmu}. Kitab ini diterbtkan di Kairo pada tahun 1284. Kitab ini terdiri dari 7 jilid yang didahului oleh Jilid I yang terkenal yang berjudul "Muqqadimah".

    2. Muhammad Yamin
Seorang sejarawan Indonesia yaitu Muhammad Yamin berpendapat bahwa definisi sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan berbagai peristiwa yang dapat untuk dibuktikan dengan bahan kenyataan.

    3. Aristoteles
Menurut Aristoteles (seorang filsuf Yunani) berpendapat bahwa defisini sejarah yaitu satu sistem yang mempelajari kejadian yang sejak awal tersusun ke dalam bentuk kronologi. Sejarah merupakan sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang memiliki catatan, rekod-rekod atau sebuah bukti yang konkrit.

    4. Herodatus
         Menurut Herodatus (sejarawan Yunani kuno) sejarah merupakan satu kajian guna menceritakan sebuah perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat, serta peradaban.


    5. Moh. Hatta

 Definisi sejarah bukan sekadar melahirkan cerita dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.
  
    6. Benedetto Croce
          Sejarah merupakan rekaman kreasi jiwa manusia di semua bidang baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius, budayawan, pemikir yang mengutamakan tindakan dan pemburu agama.

    7. R. Moh, Ali
            Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia ia menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut:
1. Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

Demikian pendapat para tokoh dan ahli sejarah tentang definisi sejarah. Masih banyak tokoh dan ahli sejarah yang mengemukakan pendapatnya tentang definisi sejarah dan hampir semua pendapat tersebut ada kesamaan bahwa sejarah adalah suatu catatan, gambar, barang, bangunan atau rekaman yang menjadi bukti suatu gambaran masa lalu yang berupa kejadian dan atau peristiwa yang terjadi disuatu masyarakat pada saat itu.
Memang kami tidak bisa sebutkan pendapat mereka satu persatu di karenakan begitu banyak para ahli yang berkecimpung di ilmu sejarah tersebut. Setidaknya nama-nama diatas cukup mewakili pendapat para ahli sejarah di seantero dunia. Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada sobat semua yang salah satu rujukan dari web/blog mereka kami muat disini. Kiranya pengetahuan yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi Sobat semua.

No comments:

Post a Comment