• Peradaban Amerika

  • Permulaan Islam

  • Peradaban Eropa

  • Peradaban Asia

  • Peradaban Afrika

  • Promo Pendaftaran Mahasiswa baru

Wednesday 12 October 2016

GUNA SEJARAH




Melanjutkan artikel Definisi Sejarah yang telah kami upload, sekarang kita akan berbicara apakah sejarah itu berguna ?

Pertanyaan tersebut pernah dilontarkan oleh anak kami yang sedang menempuh pendidikan di sekolah dasar kelas 5. Sebagai orang tua kita harus bisa menjawab pertanyaan tersebut walaupun dengan dasar ilmu yang belum mumpuni.

Sejarah di pelajari oleh banyak orang tentu ada gunanya bagi kehidupan di dunia ini. Kenyataan bahwa sejarah terus ditulis orang, di semua peradaban dan sepanjang waktu. Dari hal tersebut sebenarnya cukup menjadi bukti bahwa sejarah itu diperlukan. Tetapi bagi yang masih ragu tentang guna sejarah dan peradaban manusia, baiklah disini akan dipaparkan guna sejarah.

Sejarah itu berguna secara intrinsik dan ekstrinsik.
Secara intrinsik sejarah itu berguna sebagai pengetahuan. Seandainya sejarah tidak berguna secara intrinsik, yang berarti tidak ada sumbangannya di luar dirinya, cukuplah dengan nilai-nilai intrinsik. Akan tetapi disadari atau pun tidak ternyata sejarah ada di mana-mana.

Guna Intrinsik
Kegunaan sejarah secara intrinsik ada empat yaitu :
1.    Sejarah sebagai ilmu
Sejarah adalah ilmu yang terbuka. Keterbukaan itu membuat siapapun dapat mengaku sebagai sejarwan secara sah (tidak seperti profesi lain contoh dokter, guru, wartawan, dll) asal hasilnya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmu. Sejarah sebagai ilmu dapat berkembang dengan berbagai cara : 1) Perkembangan dalam filsafat;
                           2) Perkembangan dalam teori sejarah;
                           3) Perkembangan dalam ilmu lain, dan;
                           4) Perkembangan dalam metode sejarah.
2.    Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau
Selain mitos, sejarah adalah cara mengetahui masa lampau. Ada setidaknya dua sikap terhadap sejarah setelah mengetahui masa lampaunya, yaitu :
  1) Melestarikan, atau;
  2) Menolak.
Melestarikan karena menganggap masa lampau tersebut penuh makna, dan menolak karena menganggap masa lampau tersbut tidak ada maknanya bagi mereka.
3.    Sejarah sebagai pernyataan pendapat
Banyak penulis sejarah yang menggunakan ilmunya untuk menyatakan pendapatnya. Sebagai contoh yang berkembang di Amerika ada dua aliran yang sama-sama menggunakan sejarah yaitu konsensus dan konflik.
Konsensus karena mereka berpendapat bahwa dalam masyarakat selalu ada konsensus, dan para sejarawan selalu bersikap kompromistis. Sebaliknya konflik karena menekankan seolah-olah dalam masyarakat selalu terjadi pertentangan dan menganjurkan supaya bersikap kritis dalam berpikir tentang sejarah.
4.    Sejarah sebagai profesi
    Banyak profesi yang berkenaan dengan kesejarahan, diantaranya : dosen, guru sejarah, pegawai sejarah, pencatat sejarah, penulis dan peneliti sejarah.




Guna Ekstrinsik
Sejarah dapat digunakan sebagai liberal education untuk mempersiapkan mahasiswa supaya siap secara filosofis, tidak saja untuk yang akan belajar di Jurusan Sejarah. Secara umum sejarah mempunyai fungsi pendidikan, yaitu sebagai pendidikan :
-    Moral
-    Penalaran
-    Politik
-    Kebijakan
-    Perubahan
-    Masa depan
-    Keindahan, dan
-    Ilmu Bantu

Demikian sekilas penjelasan guna sejarah yang diambil dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment